Opini: Sampah Pada Tempatnya

Harapan Kerinci Community (HKC) Peduli Sampah

Sistem pengelolaan sampah masih belum baik, Banyak aspek dan faktor yg mempengaruhinya.

Tingkat ekonomi atau pendapatan yang meningkat paralel dengan meningkat nya konsumsi barang atau jasa oleh masyarakat. Konsumsi yang tinggi mengakibatkan sumber daya sebagai alat pemuas kebutuhan masyarakat harus tersedia. Hal ini memunculkan efek negatif yaitu masalah sampah.

Belum tersedianya tempat pembuangan sampah sementara di rumah tangga, desa, permukiman atau pusat perdagangan yg menjadi produsen sampah.

Bahkan di sejumlah titik baik di pemukiman warga atau desa tidak ada tempat pembuangan sementara sebelum di angkut ke tempat pembuangan akhir.

Warga kehilangan pilihan lain maka Akibatnya sebagian warga membuang di tempat yg tidak seharusnya seperti di got, irigasi, bahkan sungai, Diperkirakan cukup banyak jumlah sampah dibuang di sungai setiap harinya, dapat dilihat dg mata kepala di sekitar sungai dll.

Masih tingginya penggunaan plastik untuk membungkus barang yg dibeli, contoh ketika warga berbelanja di balai atau lain lain, maka pembungkus nya di pakai plastik, alasannya klasik plastik murah, mudah didapatkan dan praktis. Padahal warga bisa menggunakan kantong belanjaan yg bisa dipakai berulang kali.

Sistem pengelolaan dengan pemilahan sampah atau membuang sesuai jenis dirasa masih jauh diterapkan.

Kita butuh sistem atau konsep pengelolaan sampah yg jelas, mulai dari tingkat terkecil seperti rumah tangga, RT atau desa dengan menyediakan tempat penampungan sementara di seluruh tempat, sampai diangkut ke tempat pembuangan akhir untuk diolah, baru bicara masalah kesadaran.

Tanpa kita sadari lingkungan di sekitar kita rusak dan kotor, tinggal menunggu waktu untuk kita sadar melihat hal itu suatu saat nanti.

Selamatkan makhluk hidup dan lingkungan